TUJUAN SMK3

Jurnalk3.comBerbagai sistem manajemen K3 tersebut dapat digolongkan sebagai berikut :

1.Sebagai alat ukur kinerja k3 dalam organisasi.

Sistem manajemen K3 digunakan untuk menilai dan mengukur kinerja penerapan K3 dalam organisasi. Dengan membandingkan pencapaian K3 organisasi dengan persyaratan tesebut, organisasi dapat mengetahui tingkat pencapaian K3.

2.Sebagai pedoman implementasi K3 dalam organisasi

Sistem manajemen K3 dapat digunakan sebagai pedoman atau acuan dalam mengembangkan sistem manajemen K3. Beberapa bentuk system manajemen K3 yang digunakan sebagai acuan misalnya ILO OHSMS Guidelines, API HSE MS Guidelines, Oil and Gas Producer Forum ( OGP ) HASEMS Guidelines, ISRS dari DNV dan lainnya.

3.Sebagai dasar penghargaan (awards)

Sistem manajemen K3 juga digunakan sebagai dasar untuk pemberian penghargaan K3 atas pencapaian kinerja K3. Penghargaan K3 diberikan baik oleh instansi pemerintah maupun lembaga independent lainnya.

4.Sebagai sertifikasi

Sistem manajemen K3 juga dapat digunakan untuk sertifikasi penerapan manajemen K3 dalam organisasi.sertifikat diberikan oleh lembaga sertifikat yang telah diakreditasi oleh suati badan akreditasi. System sertifikasi dewasa ini telah berkembang secara global Karena dapat diacu di Seluruh dunia.