Tips dan Cara Mengendalikan Kebisingan

http://jurnalk3.coma. Coba untuk mengurangi kebisigan dari sumbernya, misalnya pasang peredam pada salurang gas buang, melubangi, dan sebagainya.

Penutup pada kompresor harus tetap tetutup. Kebanyakan kompresor moderen dirancang untuk bekerja dengan seluruh penutup yang selalu dalam keadaan tertutup.

Pastikan bahwa peredam bunyi pada peralatan bergerak berfungsi dalam  kondisi baik. Rawat peralatan secara teratur untuk mencegah bunyi lolos dari pelindung yang lepas dan kebocoran selang dan sambungan  saluran udara bertekanan.

b. Tingkat kebisingan dapat di kurangi dengan memastikan saluran gas buang kompresor, generator dan peralatan  lainnya mengarah keluar area kerja. Batasi sekitar peralatan dengan bahan penyerap bunyi.

c. Bila tidak memungkinkan untuk menghilangkan atau menguragi sumber bunyi, berikan pekerja pelindung atau sumbat telinga.

d. Memberikan perlindungan pendengaran bukan sebagai pengganti cara menghilangkan dan mengendalikan sumber bunyi.

e. Hati-hati dalam pemilihan sumbat dan pelindung telinga, jaga agar tetep dalam kondisi baik dan jelaskan. Pastikan bahwa pelindung atau sumbat telinga yang diperlukan digunakan dengan semestinya.

f. Periksa juga pelindung pendengaran tidak menghalangi alat pelindung lainnya. Sebagai contoh, bila pelindung telinga sulit dikenakan bersamaan dengan pelindung kepala maka digunakan pelindung telinga yang dapat dipasang pada pelindung kepala.