Tips aman melakukan pembongkaran dan perubahan struktur bangunan

jurnalk3.comSebelum pekerjaan dimulai, periksa lokasi. Pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Dapatkah menggunakan suatu metode untuk menjauhkan orang dari pekerjaan pembongkaran, misalnya dengan menggunakan alat berlengan yang panjang atau derek dengan bola besi.
  • Apakah pekerjaan tersebut membuat strukturnya, atau bangunan struktur lain didekatnya menjadi tidak stabil?. Apakah diperlukan penyangga sementara? Mungkin diperlukan petunjuk dari seorang ahli struktur.
  • Apakah lantai-lantai, dinding-dinding atau bagian dari struktur lainnya, mendukung berat bahan-bahan bangunan atau berat peralatan.
  • Apakah saluran fasilitas umum masih hidup? Saluran gas, listrik dan air perlu diperhatikan.
  • Adakah pencemaran yang tertinggal dari penggunaan bangunan sebelumnya, misalnya bahan asam dari proses industri, asbes pada pekerjaan pipa dan ketel uap atau bahaya dari mikrobiologi dari rumah sakit tua?. Bahan-bahan berbahaya terlebih dahulu diambil dan dibuang dengan aman sebelum pekerjaan pembongkaran dimulai.

Setiap orang yang tidak berhubungan dengan pekerjaan harus pergi. Buatkan batas daerah terlarang disekitar lokasi kerja. Bila perlu, sediakan timbunan-timbunan dilokasi. Jangan biarkan bahan-bahan jatuh kearah lain dimana orang sedang bekerja atau lewat.