Syarat Bekerja Dalam Ruang Terbatas

http://jurnalk3.comKetentuan Masuk Ruang Terbatas

  1. Identifikasi pekerjaan apa yang harus dikerjakan didalam ruang terbatas itu, dan bahaya-bahaya yang terkait.
  2. Pertimbangkan jika ruangan dapat dirubah untuk membuatnya aman secara permanen atau bila pekerjaan dapat diubah sehingga tidak perlu memasuki area berbahaya.
  3. Pastikan bahwa para pekerja telah dilatih didalam bahaya dan tindakan pencegahannya, termaksud prosedur penyelamatan.
  4. Pastikan bahwa jalan masuk kedalam ruangan cukup besar bagi pekerja yang mengenakan seluruh peralatan yang diperlukan, untuk masuk dan keluar dengan mudah.
  5. Sebelum masuk, ventilasikan ruangan sebanyak mungkin, periksa udara didalam ruangan dan boleh masuk bila hasil pemeriksaan memperlihatkan keadaan aman.
  6. Setelah masuk, lanjutkan pemeriksaan udara untuk kondisi racunnya, gas-gas mudah terbakar, dan kekurangan oksigen sesuai keperluannya.
  7. Bila ada resiko kebakaran, ruangan harus diventilasi sampai aman. Waktu memilih peralatan, ingat panas atau percikan dari listrik atau peralatan lain yang dapat menyulut uap mudah terbakar, dengan demikian mungkin diperlukan peralatan bertenaga tekanan udara. Resiko dari uap mudah terbakar sangat tinggi sewaktu pekerjaan dilakukan pada tangki bensin di stasiun pengisian bahan bakar dan lokasi lain yang serupa.
  8. Mengganggu endapan dan lumpur dalam pipa-pipa dan tangki-tangki dapat menimbulkan tambahan uap, mengakibatkan bertambahnya resiko, untuk itu sedapat mungkin amankan dulu endapan sebelum masuk.
  9. Bila udara didalam ruangan tidak dapat dibuat aman untuk bernafas karena adanya resiko racun atau kekurangan oksigen, pekerja harus mengenakan alat bernafas (breathing apparatus).
  10. Jangan mencoba untuk memperbaiki udara didalam ruang terbatas dengan oksigen karena dapat menimbulkan resiko kebakaran dan peledakan.
  11. Pekerja didalam ruang terbatas harus mengenakan harness penyelamat, berikut talinya yang dihubungkan dengan suatu titik diluar ruang terbatas.
  12. Seseorang harus berada diluar yang terus mengawasi dan berkomunikasi dengan seseorang didalam, bunyikan alarm dalam keadaan darurat dan lakukan prosedur penyelamatan. Adalah penting bagi mereka yang berada diluar untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam suatu keadaan darurat. Mereka perlu mengetahui bagaimana menggunakan alat bernafas bila mereka harus melakukan penyelamatan.