Sinar Infra Merah dan Sinar Laser

Faktor FisikSinar infra merah dihasilakan dari benda-benda pijar seperti dapur atau tanur atau bahan-bahan pijar lainnya. Sinar ini menyebabkan katarak pada lensa mata. Untuk mencegah gangguan pada mata, antara lain memakai kaca mata kobalt biru pada waktu menuangkan logam pijar. Disamping itu, pemeriksaan kesehatan secara periodic perlu dilakukan bagi setiap pekerja yang bekerja di tempat pengerjaan benda pijar.

Sinar laser

Sinar laser adalah emisi energy tinggi yang di hasilkan dari kegiatan pengelasan, pemotongan, pelapisan, alat-alat optis, pembuatan mesin-mesin mikro dan operasi kedokteran. Berdasarkan bahan yang digunakan, untuk menghasilkan sinar laser antara lain, berupa bahan laser gas (Helium – Neon, argon, CO2, N2+) laser Kristal padat (ND3, C2 3+) dan laser semikonduktor.

Pengaruh utama dari sinar laser terhadap kesehatan pekerja yaitu terhadap mata dan kulit. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan mata yang berupa efek termis pada retina, sehingga terjadi kerusakan retina dan mengakibatkan kebutaan. Untuk mencegah kelainan kulit, maka batas aman radiasi yaitu 1, 0 W/cm2, sedangkan untuk keselamatan mata, batas radiasi dianggap aman sebesar 0,001 W/cm2 pada diameter pupil 3 mm dan 0,002 W/cm2 pada diameter pupil 7 mm (Suma’mur, P.K., 1994).