Sejarah Keselamatan Kerja

Sejarah Keselamatan KerjaDalam melakukan pekerjaan tentu semua orang menginginkan keselamatan hingga pekerjaan itu selesai apalagi jika pekerjaan atau profesi yang dijalankan terbilang berbahaya dan menantang datangnya kecelakan jika tidak behati-hati. Mengenai sejarah keselamatan kerja awalnya dari mana? Sebetulnya hal tersebut telah diterangkan oleh catatan kuno yang berkaitan dengan hal tersebut.

Sedangkan menurut Hamurabi yang merupakan raja Babilonia pada abad ke – 17 S.M. yang menerangkan didalam undang- undang dinegaranya yang membahas tentang hukuman bagi ahli bangunan sehingga hasilnya mendatangkan bencana. Selanjutnya berkembang lima abad setelah masa itu pada jaman Mozai, dan keselamatan ini meluas ke Yunani, Romawi dan masih banyak lagi.

Gerakan pencegahan tersebut timbul karena terjadinya kecelakaan kerja didalam industry sekitar 150 tahun yang lalu dan sewaktu terjadinya revolusi industry yang terjadi negara Inggris. kecelakaan yang terjadi seperti putus tangan atau jari serta penyakit berat serta kerusakan moral, sehingga gerakan tersebut untuk melindungi buruh pabrik dan diutamakan anak- anak yang bekerja dengan kondisi sangat buruk.

Selanjutnya ketika pada abad 18 tahun 1978 buruh kerja yang tanpa diketahui dengan kondisi tidak sehat selama 14- 15 jam per hari dengan tanpa perlindungan dan dilupakan orang, Sehingga Pada tahun 1802 telah lahirkan yang berbentuk undang- undang guna untuk melindungi kesehatan serta moral untuk para tenaga kerja atau buruh.

Sedangkan pada tahun berikutnya terjadi perubahan dan diubah pada tahun 1833 yang juga menciptakan inspektorat pengawasan dan aparat pemerintah. Selanjutnya pada tahun 1844 ditambahkan kewajiban serta pengawasan mesin serta penyediaan serta wajib lapor kecelakaan.

Di negara perancis pada tahun 1840 Louis Reno Villerne seorang ahli statistic telah menguraikan pada tahun 1840 anak- anak yang berusia 6- 8 tahun telah bekerja dengan sambil berdiri selama 16- 17 jam per hari, sehingga pencegahan kecelakaan berkembang dengan melalui ikatan yang didirikan untuk pencegahan kecelakaan serta pertukaran pengalaman dalam hal kesehatan oleh Engel Dulfus pada tahun 1867.

Selanjutnya pada tahun 1841 di negara Perancis telah muncul undang- undang yang pertama tentang perusahaan yang memberikan ketentuan tentang sistem seperti pengawasan, sedangkan di Prusia undang- undang sejenis timbul pada tahun 1839 dan ditambahkan pengawasan medis pada perusahaan pada tahun 1845.

Undang- undang asuransi kecelakaan muncul pada tahun 1884, dan di negara Belgia timbul undang- undang tentang keselamatan lahir pada tahun 1810, dan tak ubahnya Negara Denmark serta Swiss lahir pada tahun 1849, akan tetapi akan baru efektif pada tahun 1873 dinegara Denmark dan pada tahun 1877 di negara Swiss.

Amerika serikat yang merupakan bagian massachussets yang merupakan negara bagian pertama yang telah memiliki undang-undang tentang pencegahan kecelakaan yang terjadi pada tahun 1877. Sedangkan berikutnya adalah disusul Ohio pada tahun 1888, dan Messouri pada tahun 1891 serta Rhode Island pada tahun 1896. Kompensasi kecelakaan yang dibayar oleh lembaga asuransi telah muncul pertama kali di negara Jerman pada tahun 1884.

Cara- Cara keselamatan kerja

Untuk selanjutnya adalah pada tahun 1889 yang melalui gagasan Dofus yang telah diterbitkan yang berupa album serta tentang cara- cara keselamatan kerja yang kemudian disusul pada tahun 1895 dengan melalui terbitan kedua yang telah mengalami perbaikan – perbaikan.

Konggres yang diselenggarakan  terjadi juga pada saat bersamaan di internasional Paris pada tahun 1889 juga di Bern pada tahun 1891. Sedangkan di Milan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman tentang keselamatan dibentuk pada tahun 1894.