Home » Ahli K3 » K3 Konstruksi » PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA

Cara Cepat Hamil

PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA

Wednesday, October 3rd 2012. | K3 Konstruksi
Advertisement

Jurnalk3Bila pekerjaan konstruksi sedang dilakukan di atau sekitar instalasi industri,maka perusahaan harus melindungi pekerja dan peralatannya dari semua bahaya konstruksi. Termaksud diantaranya akibat adanya penggalian terbuka, benda-benda yang jatuh, pekerjaan pengelasan, debu, kotoran, jaringan listrik sementara, dan kabel-kabel listrik diatas. Bila mungkin,pekerjaan konstruksi diisolasi dari operasi normal instalasi yang ada.

  • Pasang pengaman, pagar, dan tanda-tanda peringatan yang cukup yang berhubungan dengan publik, diupayakan perlindungan dan informasi bagi pegawai dan publik tentang adanya aktifitas pekerjaan konstruksi dan bahaya-bahaya yang mungkin timbul.
  • Bila pekerjaan konstruksi dilakukan dilokasi dimana kegiatan operasi tidak dilakukan, maka dibuatkan pelindung untuk melindungi dari debu dan mengisolasi pekerjaan operasi. Pada beberapa kasus diperlukan penggunaan bahan-bahan tahan api.

Kadang pekerjaan konstruksi harus dilakukan dimana ada bahan cair dan uap mudah terbakar, atau lokasi berbahaya lainnya. Dalam kondisi ini, para pekerja konstruksi harus mengikuti persyaratan perlindungan yang ketat terhadap kebakaran yang berlaku dilokasi tersebut.

  • Sebelum pekerja kontraktor melakukan pekerjaan pemotongan, pembakaran, atau pengelasan, maka kontraktor harus memperoleh suatu ijin kerja dari operasi perusahan atau departemen K3L. Kontraktor juga harus menngikuti persyaratan yang berlaku untuk ventilasi dan perlindungan terhadap kesehatan.
  • Di lokasi dimana tidak boleh ada api, maka kontraktor harus:

             -          Menghentikan proses operasi saat dilakukannya pekerjaan pemotongan dan pengelasan

             -          Menggunakan sekrup atau baut sebagai pengganti sambungan las.

  • Kontraktor harus menyediakan penerangan malam, dan tambahan penerangan siang bila diperlukan. Khususnya dimana ada lubang galian.
  • Penerangan yang digunakan di area yang mudah terbakar atau meledak memerlukan prosedur jaringan atau lampu khusus.
  • Manajemen kontraktor dan instalasi yang sedang beroperasi harus bekerja sama setiap waktu untuk mempertimbangkan cara terbaik dalam mencegah kecelakaan.
  • Pasang anjungan kerja, jalanan, injakan, tangga, pegangan, pagar pengaman, dan papan pelindung kaki pada semua peralatan yang diperlukan untuk pengaman.
tags: , ,

Related For PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA

Comment For PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA



Temukan Kami Di Facebook


30 POPULAR TOPIC:
yhs-fh_lsonsw, alat untuk mengangkat orang sakit, yhs-per_003, jurnal budaya kerja, contoh getaran yang merugikan, identifikasi timbulnya kecelakaan, perencanaan air berkualitas, getaran yang merugikan, yhs-fullyhosted_003, yhs-elex_22find, judul makalah tentang penyakit akibat kerja ( kebisingan), kondisi tidak aman dilokasi pemboran, langkah keselamatan kerja, makalah tentang peringatan bahan bahan kimia berbahaya dan beracun, penyakit yg timbul diindustri pabrik tahu, tanda tanda SOP p3k dalam k3, resiko kerja digudang obat, contoh askep tenaga kerja di perbengkelan, makalah air berkualitas, langkah keselamatan kerja wirausaha, undang-undang bahaya tidak menggunakan helm sni, PROGRAM KERJA SDM, makalah askep tenaga kerja pada pabrik tahu, jurnal sikap kerja, cara mencegah resiko receptionist, kasus k3lh, cara mengendalikan polusi di tempat kerja, pengertian bahaya liquifaction, contoh getaran, cara membuat proposal penelitian biomedik