Perlengkapan Alat Pencegahan Kebakaran bagian 1

Jurnalk3Perlengkapan Alat Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran
Peralatan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran antara lain:

1.APAR (Alat Pemadam Kebakaran )

Alat pemadam api ringan ( fire Extinguisher ) adalah alat untuk memadamkan api berbentuk tabung silinder yang dapat dioperasikan secara manual oleh seseorang untuk memadamkan api pada awal timbulnya kebakaran ( ketika api masih kecil),yang beratnya 3-16 kg. APAR terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan bahan dan isinya yaitu:

a.Air
Media pemadam api air ini teleh dipakai sejak Zaman belum ditmukan bahan pemadam api lain dan masih dipakai smpai sekarang pada kasus tertentu saja. Sifat air dalam pemadam kebakaran adalah menyerap panas dan ini sangat tepat untuk kalas api A. Pada umumnya ada 3 macam APAR air yaitu dengan pompa tangan, air betekanan, asam soda. Namun media air tidak boleh digunakan untuk :
1)Kebakaran listrik ( kelas C )
2)Kebakaran minyak ( kelas B )
3)Kebakaran logam ( kelas D )
4)Kebakaran yang reaktif terhadap air ( kelas B )

b.Busa
APAR jenis busa ada dua macam yaitu busa kimia dan busa mekanik. Busa kimia dibuat berbentuk busa / gelombang yang berisi zat arang dan karbon dioksida, sedangkan busa mekanik dibuat dari campuran zat arang dengan udara. Bahan ini sangat tepat digunakan pada kebakaran kelas B. Busa memadamkan api melalui kombinasi tiga aksi pemadam yaitu menutupi, melehmahkan dan mendinginkan.
1)menutupi / menyelimuti bagian yang terbakar dengan busa, sehingga kontak dengan oksigen teputus.
2)melehmahkan yaitu mencaga terjadinya penguapan cairan yang mudah terbakar.
3)pendingin yaitu menyerap kalori cairan yang mudah terbakar agar suhunya menurun.

c.Serbuk kimia kering
Sifat bubuk kimia ini tidak beracun tapi dapat menyebabkan sesak nafas sementara dan pandangan akan berkurang. Bahan ini sangat tepat digunakan pada kebakaran kelsa AB maupun klas ABC.

d.CO2 (Carbon dioksida)
Gas CO2 digunakan untuk memadamkan api karna CO2 dapat mengurangi kadar oksigen dari udara pada saat kebakaran murah, bersih dan dapat digunakan untuk pemadaman api yang disebabkan oleh listrik yang bertegangan.