Pengendalian Kebakaran

Jurnalk3Kebakaran dalam perusahaan adalah suatu hal yg tidak diinginkan bagi tenaga kerja. Kebakaran merupakan penderitaan dan malapetaka khususnya mereka yang menjadi korban kebakaran. Kebakaran dapat mengakibatkan hilangnyan pekerjaan dan jga memakan banyak korban, baik korban material maupun korbann immaterial

Pencegahan dapat dilakukan dengan sistem proteksi kebakaran standar yang terdiri atas sistem proteksi system perlindungan dengan menangani api / kebakaran secara langsung. (Ir. Nurinayat Vinky Rahman MT. Kajian Penerapan Sistem Proteksi Pasif Desain Site Planing Pada Beberapa Kasus Rumah Susun di Jakarta dan Bandung.aktif dan pasif. Alat pemadam api ringan merupakan salah satu sarana proteksi aktif. Penyediaan alat pemadam api ringan dengan jenis, kapasitas, dan daya padam yang sesuai harus tersedia di setiap lantai dalam suatu gedung bertingkat. Selain itu, diperlukan alarm, sistem sprinkler (pemantik air yang dipasang di langit-langit ruangan) otomatis, dan sistem hidrant.

System proteksi aktif merupakan system perlindungan terhadap kebakaran melalui sarana aktif yang terdapat kebakaran melalui sarana aktif yang terdapat pada bangunan atau yang lainnya.