Pencegahan dan Pengendalian Getaran

http://jurnalk3.comBanyak pekerjaan konstruksi berhubungan dengan peralatan tangan berkekuatan, seperti alat pemecah pneumatis dan gerinda piringan.

Getaran dari peralatan tersebut dapat berdampak pada jari, tangan dan lengan, dan dalam jangka panjang dapat menjadi cedera permanen. Bagian dari jari-jari akan memutih dan berkerut, dan kehilangan daya setahun.

Bila seseorang akan mengguanakan peralatan tangan berkekuatan, maka harus mengidentifikasi, menilai atau melindungi atau mengendalikan resiko getarannya.

Informasi dari produsen atau pemasik harus menjelaskan bila ada salah getaran pada peralatan. Bila memungkinkan pilihlah peralatan dengan tingkat getaran yang rendah.

Penilaian

Informasi dari produsen atau penyalur, lamanya peralatan digunakan dan diskusi dengan pengguna akan mengungkapkan resiko yang paling mungkin ada.

Pencegahan

Dapatkah pekerjaan dilakukan dengan cara lain tanpa menggunakan peralatan tangan berkekuatan, misalnya menggunakan suatu alat hidrolit untuk memecah kolom beton dari pada menggunakan peralatan pemecah tangan yang memerliukan waktu yang lama.

Pengendalian

1. Pelihara peralatan sehingga kondisinya seimbang, tidak ada bagian-bagian yang rusak dan lepas, dan bilah-bilahnya tajam, dan sebagainya. Rencana jeda pekerjaan untuk mencegah pemaparan getaran terus menerus dalam waktu lama.

2. Untuk melindungi terhadap getaran, pekerja harus selalu menjaga tangannya tetap hangat supaya aliran darah sampai ke jari tetap  baik, dengan cara:

a. Memakai sarung tangan

b. Makan dan minum yang panas

c. Memijat jari-jari

d. Tidak merokok (karena dapat mempersempit pembuluh darah)