Lingkungan Kerja Faktor Fisik Radiasi

Faktor Fisik (Physical Hazards)
Tingkat yang berlebihan dari gelombang elektromagnetik, gelombang radiasi, kebisingan, getaran atau vibrasi dan tekanan panas adalah merupakan faktor fisik yang sangat berpengaruh dan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit akibat kerja (PAK) sehingga turut mempengaruhi produktifitas kerja . Hal ini penting untuk di ketahui pihak perusahaan agar memberi perhatian khusus pada faktor-faktor tersebut karena memungkinkan dapat berdampak akut atau kronis pada kesehatan dan keselamatan kerja para tenaga kerjanya.
Bahaya faktor fisik lingkungan kerja muncul oleh karena tingkat yang berlebihan.

a.Radiasi
Radiasi dapat berupa radiasi pengion dan radiasi non pengion. Radiasipengion, misalnya berasal dari bahan – bahan radioaktif yang menyebabkan antara lain penyakit – penyakit system pembuluh darah dan kulit, sedangkan radiasi non pengion, radiasi elektromagnetik yang berasal dari peralatan yang menggunakan listrik, misalnya peralatan telekomunikasi dan elektronik lainnya.
Pengguna langsung maupun tidak langsung alat tersebut akan menyerap energy gelombang elektromagnetik yang bersumber dari alat tersebut. Hal ini bisa menimbulkan penyakit gangguan saraf pada tubuh terutama system saraf dan otak.