KERUGIAN AKIBAT KECELAKAAN KERJA

Jurnalk3.comA. RESIKO KERUGIAN YANG PENTING
1. KECELAKAAN

Penyebab-penyebab yang paling sering menyebabkan kematian dan cedera adalah:

Jatuh:

Orang-orang jatuh karena jalan yang menuju dan dari tempat kerja tidak baik, atau tempat kerjanya itu sendiri tidak aman. Petunjuk diberikan tentang jalan menuju, dan bekerja pada ketinggian.
Ada 5 kelompok pekerjaan berisiko tinggi dimana jatuh merupakan akibat yang utama, yaitu: pekerjaan atap, pekerjaan pemasangan konstruksi baja, pekerjaan pemasangan rangka, pengecoran beton, dan pekerjaan pembongkaran.

Benda-benda jatuh dan roboh:

Orang dapat kejatuhan benda yang sedang diangkat, benda yang terguling atau yang terlepas dari kedudukannya; kejatuhan atau tertimbun oleh bahan-bahan saat penggalian, robohnya bangunan atau rangka. Perancah roboh akibat pengencangan ikatannya terlupa atau bebannya berlebihan. Rangka saat pembangunan,misalnya rangka baja yang belum diikat cukup kuat tetapi dibebani muatan terlalu dini, juga dapat berakibat roboh.

Kecelakaan-kecelakaan akibat listrik

Orang-orang menderita syok listrik dan terbakar bila menggunakan peralatan yang tidak aman dan bila tersentuh pada kabel-kabel listrik diatas kepala dan kabel-kabel yang ditanam.

Alat berat yang bergerak

Konstruksi peralatan ini berat. Sering peralatan ini dioperasikan diatas tanah yang berlumpur dan lembek, dan ditempat dimana bidang pandang operatornya tidak baik. Orang yang berjalan dilokasi pekerjaan dapat cedera atau meninggal disebabkan kendaraan yang bergerak, terutama saat mundur. Pada umumnya pengemudi dan operator meninggal atau cedera akibat terbaliknya kendaraan atau peralatan berat.