Home » Info K3 » K3 Kebakaran » KEBAKARAN DAN CARA UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN

KEBAKARAN DAN CARA UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN

Sunday, October 14th 2012. | K3 Kebakaran

Jurnalk3.comKEBAKARAN

Banyak benda padat, cair dan gas yang dapat terbakar dengan mudah. Hanya dibutuhkan sumber penyalaan,mungkin suatu api kecil atau percikan api listrik sudah dapat mengakibatkan kebakaran. Setiap kejadian kebakaran dapat berdampak terhadap kesehatan,keselamatan, kerusakan dan penundaan pekerjaan yang merugikan. Banyak kebakaran yang dapat dicegah dengan perencanaan yang hati-hati dan pengendalian aktifitas pekerjaan. Lingkungan yang baik dan teratur penting dan tidak saja untuk mencegah kebakaran, tetapi juga untuk meyakinkan bahwa jalur darurat tidak terhalang.

UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN

Gunakan bahan-bahan yang tidak mudah menyala dan terbakar, misalnya gunakan cat dan bahan perekat dengan bahan dasar air atau campuran berkadar rendah.

Penyimpanan bahan-bahan yang mudah terbakar seminimum mungkin di lokasi kerja.

Bahan cair mudah terbakar disimpan dan dibawa dengan menggunakan tempat yang sesuai dan tertutup

Apabila sedang dilakukan pekerjaan dengan menggunakan bahan cair atau padat yang mudah terbakar, cegahlah orang untuk tidak merokok dan hentikan kerjaan lainnya yang berpotensi untuk menimbulkan sumber-sumber penyalaan didekatnya. Misalnya, bila sedang melapisi lantai dengan perekat berbahan dasar mudah terbakar (pelarut)maka jangan diijinkan melakukan pengelasan didekatnya pada saat bersamaan.

Pastikan bahwa pipa-pipa, bejana-bejana, tangki-tangki dan sebagainya yang mungkin berisi gas atau cairan yang mudah terbakar sudah dinetralkan atau diamankan dari bahaya sebelum menggunakan peralatan pemotong panas, peralatan las atau gerinda. Suatu bejana atau pipa kelihatannya kosong tetapi kemungkinan masih menyimpan bahan yang cukup, karat atau endapan lainnya yang dapat menghasilkan gas yang mudah terbakar apabila dipanasi.

Kurangi resiko kebocoran gas dan kebakaran yang menyangkut instalasi gas:

-Tutup katup pada botol gas apabila sedang tidak digunakan
-Periksa selang secara teratur dari kebocoran dan kerusakan
-Lindungi katup pada botol oksigen dari minyak dan gemuk

Simpan benda-benda padat, cair dan gas yang mudah terbakar dengan aman. Pisahkan satu dengan lainnya dari botol oksigen atau bahan-bahan oksidasi. Simpan didalam ruang yang aman dan berventilasi atau ditempat penyimpanan terbuka. Jangan disimpan ditempat bekerja yang ada orangnya atau dimana dapat mengganggu atau membahayakan jalur penyelamat

Tersedia alat pemadam kebakaran bila ada pekerjaan panas seperti mengelas, menggunakan alat pemotong piringan yang menghasilkan percikan api

Periksa saat istirahat makan siang dan pada akhir kerja untuk melihat apakah semua peralatan yang dapat menyebabkan kebakaran sudah dimatikan.

Hentikan pekerjaan panas satu jam sebelum pekerja pulang, supaya mempunyai cukup waktu untuk mengidentifikasi adanya suatu kebakaran.

Singkirkan sampah dari lokasi secara teratur. Kumpulkan sampah yang sangat mudah terbakar seperti kain lap berminyak secara terpisah kedalam tempat tertutup yang tidak mudah terbakar

tags: , ,

Related For KEBAKARAN DAN CARA UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN

Comment For KEBAKARAN DAN CARA UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN