Jenis Alat Keselamatan Bekerja Diketinggian

jenis-alat-keselamatan-bekerja-diketinggianSetiap pekerjaan tentu ada resikonya apalagi bagi Anda yang berprofesi pada perkerjaan pada bagian ketianggian. Setiap pekerja perlu memahami pentingnya keselamatan kerja, dengan pengetahuan dan keterampilan teknik keselamatan kerjayang disesuaikan dengan bidang kerjanya.

Memenuhi pengetahuan dan keterampilan keselamatan kerja bekerja diketinggian, saat ini telah  berkembang metode akses tali (Rope Acces). Metode ini dikembangkan dari teknik panjat tebing  dan  penelusuran gua, untuk membantu mencapai tempat yang sulit dijangkau dengan posisi kerja vertikal maupun horizontal tanpa bantuan perancah, platform ataupun tangga.

Metode akses talitelah banyak digunakanuntuk menunjang kerja pada gedung tinggi, menara jaringan listrik, menara komunikasi, anjungan minyak, perawatan dan perbaikan kapal, perawatan jembatan, ruang terbatas/cerobong, penelitian dan pertambangan.

Carabiner Screw

Carabiner/cincin kait ini mempunyai pengunci pada pintu pengait sehingga pintu pengaittidak mudah terbuka. Cocok untuk alat pelindung diri pada pekerjaan diketinggian.

Carabiner Snap

Carabiner/Cincin kait ini tak mempunyai pengunci pada pintu pengait sehingga mudah dibuka dan ditutup, carabiner jenis ini banyak digunakan pada aktifitas panjat tebing.

AutoStop Descender

Sebagai alat bantu turun melalui Tali/Work Line, dapat berhenti secara otomatis ketikahandel pengatur kecepatan terlepas.

Ascenders/Clamp Handle

Alat bantu gerak naik melalui Tali/ Work Line

Grigri

Pada teknik panjat tebing digunakan sebagaialat belayer pemanjat tebing berfungsi menjadi penahan jatuh. Selain itu ada juga Lanyard/cow tail/tali koneksi befungsi sebagai tali penghubung antara pekerja dan bidang kerja.

I`D Self Braking Descenders

Sebagai alat bntu turun melalui tali statik, alat ini dapat berhenti seketika bila handel pengendali dilepas sehingga beban jatuh akan tertahan.

Mobile Fall Arrester/ASAP

Sebagai alat pelindung diri berfungsi menjadi pengaman cadangan pada Safety Line saat gerak naik maupun gerak turun melalui tali, rope acces.

Helmet

Helmet sebagai alat pelindung diri yang dilengkapi tali pita yang melingkar pada dagu.

protector/pelindung tali

Rope protector digunakan untuk melindungi tali dari gesekan pada permukaan dinding bersudut.

Static Rope/Tali Statik

Static rope digunakan sebagai alat utama pada metode Rope Acces untuk kerja diketinggian, terbuat dari bahan Nilon.

Hanger/anchor

Sebagai alatpenambat pada permukaan yang solid(dinding beton, tiang beton atau tebing batu)

Full Body harness

Alat pengaman diri yang disarankan untuk kerja diketinggian, dapat mendukung kerja pada posisi sulit.

Seat Harness

Alat pengaman diri yang tidak dilengkapi tali pada pundakdan sebagai alat pengaman duduk. Dapat memberikan kemudahan bergerak pada posisi kerja menggantung.

Itulah beberapa macam alat yang digunakan oleh pekerja dalam bidang ketinggian. Semoga bermanfaat untuk Anda.