Iklim Kerja Dingin

Kesehatan KerjaDi sektor industry, pekerja yang bekerja di lingkungan kerja yang bersuhu dingin misalnya di pabrik es, kamar pendingin, ruang computer, ruang kantor dan sebagainya.
Pengaruh suhu dingin dapat mengurangi effisiensi dengan keluhan kaku atau kurangnya koordinasi otot. Sedangkan pengaruh suhu ruangan yang sangat rendah terhadap kesehatan dapat mengakibatkan penyakit yang terkenal yang disebut dengan penyakit chilblains, trench foot, dan frostbite.
Penderita chilblains, pada bagian tubuh yang terkena, menunjukkan tanda yang khas, yaitu membengkak, merah, panas, dan sakit dengan diselingi gatal. Chilblains diderita oleh seorang pekerja sebagai akibat bekerja di tempat yang cukup dingin dengan waktu yang lama. Disamping itu factor makanan (defisiensi gizi) juga akan berpengaruh terhadap terjadinya penyakit tersebut.

Trench foot adalah kerusakan anggota-anggota badan terutama kaki, akibat kelembaban atau dingin walaupun suhu masih di atas titik beku. Awalnya kaki kelihatan pucat, nadi tidak teraba dan nampak pucat. Pada saat itu si sakit merasa kesemutan, kaku dan kaki berat. Stadium ini diikuti hypetermis, yaitu kaki membengkak, merah dan sakit.
Frostbite adalah akibat suhu yang sangat rendah dibawah titik beku. Kondisi penderita sama seperti yang mengalami trench foot, namun stadium akhir akhir penyakit frostbite adalah gangrene.
Perbedaan antara ketiga penyakit di atas adalah cacat menetap pada frostbite serta cacat sementara pada penyakit chilblains dan trechfoot.

Pencegahan terhadap gangguan kesehatan akibat iklim kerja suhu dingin dilakukan melalui seleksi pekerja yang “fit” dan penggunaan pakaian pelindung yang baik. Disamping itu, pemeriksaan kesehatan perlu juga dilakukan secara periodic.