Gejala dan Penyakit Akibat Uap Logam

http://jurnalk3.comUap Logam

Penyakit yang istimewa yang terjadi oleh karena menghirup partikel-partikel yang sangat halus dari logam adalah Demam Uap Logam.

Sedemikian halusnya partikel-partikel ini sehingga bersifat menyerupai gas dan bekerja pada permukaan alveoli, dan mempengaruhi jaringan paru-paru. Penyakit jenis akut, suatu jenis alergi yang disebabkan oleh inhalasi uap oksida logam pada konsentrasi tinggi.

Banyak oksida sebagai penyebabnya, antara lain:

1. Uap seng

2. Magnesium

3. Cadmium

4. Antimon, dsb.

Penyakit ini bukan penyakit yang kronis, tetapi lebih bersifat serangan yang terjadi secara berulang-ulang sehingga terlihat unik.

Gejala penyakit

1. Gejala pertama 4-8 jam setelah pemaparan, biasanya didahului oleh rasa busuk didalam mulut.

2. Selanjutnya perangsangan saluran pernapasan bagian atas disertai batuk dan rasa kering pada selaput lendir. Nyeri otot, mengigil mendadak

3. Lemah, capai dan lesu.

4. Gejala lainnya perut mual, kadang muntah, sakit kepala ringan sampai hebat.

5. Kadang-kadang aktifitas mental berlebihan. Setelah 10-20 jam penderita menggigil dan demam, kadang kadang dengan hebatnya sampai 1-3 jam dan dapat diikuti tidur yang sangat dalam.

6. Penderita dapat berkeringat dengan banyak , kencing atau bahkan muntah berak mencret sehingga sering diobati sebagai penyakit malaria atau muntaber biasa.

Pada pemeriksaan laboratorium darah dapat dilihat adanya peningkatan jumlah sel darah putih. Tidak ada sifat kronik dari penyakit ini, tetapi untuk beberapa kasus keadaan akut tersebut dapat diikuti dengan komplikasi Bronchitis.