FASILITAS PENUNJANG YANG HARUS DISEDIAKAN DALAM LOKASI PROYEK KONSTRUKSI

Jurnalk3.comFASILITAS PENUNJANG

Keberadaan fasilitas penunjang yang mencukupi mempunyai dampak yang besar terhadap mereka yang bekerja pada industri konstruksi. Pekerja harus memiliki toilet dan fasilitas cuci, suatu tempat untuk makan dan menyimpan pakaian. Kedua belah pihak, baik kontraktor maupun pemberi tugas pekerjaan konstruksi bertanggung jawab untuk menyediakan atau membuat fasilitas penunjang di lokasi kerja sesuai dengan kebutuhannya.

Fasilitas penunjang harus cukup untuk setiap orang yang bekerja dilokasi dan dapat dipersiapkan secara tersendiri atau bersama-sama dengan lainnya. Apabila fasilitas seperti toilet dan kantin disediakan oleh pihak lain, maka harus diperiksa kondisinya dan pemeliharaannya. Semua harus selalu bersih dan mempunyai ventilasi yang cukup. Apabila pekerjaannya berjangka pendek, fasilitas penunjang tetap dibutuhkan walaupun mungkin cukup dengan jenis sementara atau portebel saja.

FASILITAS CUCI

•Pada semua lokasi sediakan tempat cuci yang cukup untuk mencuci muka, tangan dan lengan.

•Apabila tidak memungkinkan adanya sumber air keran, maka dapat disediakan air dari tangki. Juga perlu disediakan sabun dan kain lap.

•Apabila sifat pekerjaannya kotor atau berhungan dengan bahan-bahan mengandung racun atau korosi, maka perlu disediakan pancuran air. Apabila fasilitas cuci berada didalam ruangan, maka perlu ventilasi dan penerangan yang cukup.

AIR MINUM

Pastikan ada persediaan air minum yang cukup. Dapat digunakan tangki atau botol-botol untuk menyediakan air minum. Dan yang penting harus dilindungi dari kemungkinan kontaminasi, serta sering diganti.

TEMPAT ISTRAHAT

Fasilitas untuk rehat atau istrahat perlu disediakan.lindungi dari panas, angin atau hujan.harus dimungkinkan bagi mereka yang tidak merokok untuk dapat beristirahat tanpa terganggu asap rokok.hal ini dapat dicegah dengan memperbesar ventilasi. Apabila hal ini tidak memungkinkan,maka perlu tempat istrahat yang terpisah untuk yang perokok dan tidak perokok. Untuk lokasi yang kecil,tempat istrahat ini dapat berada pada lokasi kantor, atau lokasi bedeng.

LOKASI FASILITAS PENUNJANG

Fasilitas penunjang haruslah dengan mudah dapat dicapai oleh pekerja dilokasi kerja. Toilet letaknya harus mudah dicapai dari setiap lokasi kerja. Fasilitas cuci harus dekat dengan toilet dan tempat istrahat dimana orang-orang dapat dengan mudah mencuci tangannya sebelum makan.