DEFINISI PROMOSI KESEHATAN DI TEMPAT KERJA (PKDTK)

Jurnalk3

Promosi kesehatan didefinisikan sebagai ilmu dan seni yang membantu orang merubah perilaku hidupnya untuk menuju tingkat kesehatan yang optimal.

Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan antara kesehatan fisik, emosi, sosial, spritual dan intelektual.

Promosi kesehatan pekerja didefinisikan sebagai ilmu dan seni yang membantu pekerja dan manajemen merubah perilaku hidup, perilaku bekerja dan lingkungannya, untuk memelihara atau mencapai kapasitas kerja dan tingkat kesehatan yang optimal, dengan demikian meningkatkan kinerja dan produktifitas.

Direktorat Bina Kesehatan Kerja Departemen Kesehatan RI mendefinisikan PKDTK ( health promotion at the workplace ) sebagai program kegiatan yang direncanakan melalui proses peningkatan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan, dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat di tempat kerja, sesuai kondisi dan potensi tempat kerja, dengan mempengaruhi kondisi kerja dan lingkungan kerja, agar mencapai kemampuan pengendalian pekerja terhadap kesehatannya,dan untuk mencapai peningkatan kesehatan dan produktifitas.