Contoh Bahan Mengandung Asbes dan Jenis Debu Asbes

http://jurnalk3.comAda 3 jenis debu asbes yaitu:

1. Chrisotile, berwarna putih atau kehijauan, merupakan jenis yang banyak digunakan dalam industry

2. Amosite, berwarna abu-abu dan cokelat

3. Crocidolite, berwarna biru, selain mengakibatkan asbestosis juga dapat menimbulkan tumor ganas paru-paru, yaitu Mesothelioma selaput paru-paru.

Untuk beberapa pekerjaan, perusahaan bangunan sudah mengetahui dimana bahan asbes ditemukan didalam bangunan. Pada beberapa kasus bahkan diberikan label perigatan bagi yang berhubungan dengannya.

Tetapi, sering keberadaan asbes tidak kentara. Untuk itu dibangunan atau area bangunan dimana pekerjaan akan dilakukan harus diperiksa untuk meng-identifikasi lokasi, jenis dan kondisi asbes yang ada yang dapat mengganggu  selama pekerjaan berlangsung.

Beberapa bahan biasa yang mengandung asbes antara lain:

  • Pembungkus atau pembalut boiler dan pipa
  • Semprotan pelapisan untuk isolasi api atau akustik
  • Papan isolasi
  • Produk-produk papan, lembaran bahan dasar semen
  • Bahan untuk langit-langit
  • Produk-produk yang gasket dan kertas untuk isolasi listrik dan suhu
  • Beberapa bahan untuk pelapisan permukaan tekstur.

Sampai kini orang berpendapat bahwa kematian yang berhubungan dengan penyakit akibat asbes disebabkan karena terpapar asbes dalam jumlah banyak secara regular, padahal dengan terpapar  asbes dalam jumlah sedikit secara berulang sudah dapat menyebabkan penyakit kanker. Oleh karena itu harus selalu dilakukan perlindungan untuk mencegah pemaparan asbes, atau meminimalkan.

Pekerjaan seperti tukang pipa, petugas listrik dan petugaspemanasan mungkin tidak menyadari kalau mereka bekerja dengan asbes saat secara regular melakukan pengeboran, pemotongan dan penanganan bahan yang mengandung asbes. Oleh karena itu perlu dilindungi.

Secara umum, semakin lunak bahan akan semakin mudah rusak dan lebih mudah untuk melepaskan seratnya saat dikerjakan. Semakin besar jumlah serat yang terlepas akan semakin besar resikonya terhadap kesehatan, dan akan memerlukan standar perlindungan yang lebih tinggi lagi. Banyak bahan-bahan lunak, misalnya pembalut boiler, dilindungi lagi dengan pelapis luar yang keras.

Apabila asbes, atau yang diperkirakan asbes, yang tidak teridentifikasi  selama pemeriksaan pendahuluan tidak ditutupi, maka pekerjaan harus dihentikan. Bila ragu-ragu tentang keberadaan asbes, minta petunjuk dari seorang analisis khusus.