Home » Kesehatan Kerja » Faktor Kimia » Cara Penyimpanan Bahan Kimia Berbahaya Bagian 1

Cara Cepat Hamil

Cara Penyimpanan Bahan Kimia Berbahaya Bagian 1

Tuesday, May 24th 2011. | Faktor Kimia
Advertisement

Keselamatan KerjaBahan kimia berbahaya harus disimpan dengan cara yang tepat, untuk mencegah kemungkinan terjadi bahaya. Perlu juga dijamin agar bahan kimia berbahaya tidak bereaksi dengan bahan lain yang disimpan ditempat yang sama. Bahan kimia yang bersifat eksplosif tidak boleh di simpan bersamaan dengan bahan kimia lainnya.
Untuk pengamanan suatu bahan kimia dengan bahaya lebih dari satu macam, segenap jenis bahayanya harus diperhatikan dan di amankan. Fasilitas yang diperlukan dan prosedur penyimpanan harus menjamin keselamatan dari seluruh kemungkinan bahaya.
Dibawah ini disajikan keselamatan yang bertalian dengan penyimpanan bahan berbahaya sebagai berikut:

a.Bahan mudah meledak
1)Tempat penyimpanan bahan kimia mudah meledak, udara dalam ruangan harus baik dan bebas dari kelembaban.
2)Tempat penyimpanan harus terletak jauh dari bangunan lainnya, dan jauh dari keramaian untuk menghindarkkan pengaruh korban apabila terjadi ledakan. Ruangan harus terbuat dari bahan yang kokoh dan tetap dikunci sekalipun tidak digunakan. Lantai harus terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan loncatan API.
3)Penerangan tempat ini harus terbuat dari penerangan alami atau listrik anti ledakan.

b.Bahan yang mengoksidasi
Bahan ini kaya akan oksigen, membantu dan memperkuat proses pembakaran. Beberapa dari ini membebaskan oksigen pada suhu penyimpanan, sedangkan yang lain masih perlu pemanasan. Jika wadah dari bahan ini rusak, isinya mungkin bercampur dengan bahan yang mudah terbakar dan merupakan sumber terjadinya nyala API. Resiko ini dapat dicegah dengan membuat tempat penyimpanan secara terpisah dan diisolasi.
Penyimpanan bahan kimia yang mengoksidasi kuat dekat cairan yang mudah terbakar, sangat berbahaya. Untuk keamanannya, harus menjauhkan semua bahan yang dapat menyala dari bahan-bahan yang mengoksidasi. Tempat penyimpanan harus sejuk dan dilengkapi dengan pertukaran udara yang baik serta bangunan tahan api.

tags: , ,

Related For Cara Penyimpanan Bahan Kimia Berbahaya Bagian 1

Comment For Cara Penyimpanan Bahan Kimia Berbahaya Bagian 1



Temukan Kami Di Facebook


30 POPULAR TOPIC:
yhs-fh_lsonsw, alat untuk mengangkat orang sakit, yhs-per_003, jurnal budaya kerja, identifikasi timbulnya kecelakaan, contoh getaran yang merugikan, perencanaan air berkualitas, getaran yang merugikan, yhs-fullyhosted_003, yhs-elex_22find, judul makalah tentang penyakit akibat kerja ( kebisingan), kondisi tidak aman dilokasi pemboran, langkah keselamatan kerja, makalah air berkualitas, tanda tanda SOP p3k dalam k3, resiko kerja digudang obat, langkah keselamatan kerja wirausaha, makalah tentang peringatan bahan bahan kimia berbahaya dan beracun, contoh askep tenaga kerja di perbengkelan, penyakit yg timbul diindustri pabrik tahu, undang-undang bahaya tidak menggunakan helm sni, PROGRAM KERJA SDM, makalah askep tenaga kerja pada pabrik tahu, cara mencegah resiko receptionist, kasus k3lh, jurnal sikap kerja, cara mengendalikan polusi di tempat kerja, contoh getaran, jurnal penelitian hukum kesehatan pdf, sebutkan macam-macam k3