CARA PENGORGANISASIAN PEKERJAAN dan PARTISIPASI MANAJEMEN DALAM PROYEK KONSTRUKSI

Jurnalk3PENGORGANISASIAN PEKERJAAN

• Tentukan para pimpinan pekerjaan.Pastikan bahwa mereka memiliki pendidikan dan pengalaman yang cukup.

• pada waktu penerimaan pekerja,tanyakan tentang pelatihan apa yang telah mereka peroleh dan sertifikat keahliannya.jika perlu minta mereka untuk mendemonstrasikan kecakapan mereka atau memperlihatkan contoh-contoh bagaimana cara bekerja dengan aman sebelum menempatkan mereka.

• Pastikan bahwa organisasi di lapangan telah menjamin adanya jumlah supervisior yang cukup mengawasi para pekerja.

• lihat apakah metoda-metoda pekerjaan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku tentang keselamatan kerja sebelum pekerjaan dimulai, dan disetujui untuk dipraktekkan. Pastikan setiap orang mengerti bagaimana cara mengerjakan setiap jenis pekerjaan dengan memperhatikan ketentuan dan metoda yang sesuai, sebelum mulai bekerja.

• Lihat bila ada pekerjaan yang akan di sub-kontrakkan lebih lanjut.Pastikan bahwa pekerja sub-kontraktor juga memperoleh informasi yang di perlukan dan disediakan pelatihan,pengawasan,dsb. Sesuai dengan kebutuhannya.

PARTISIPASI MANAJEMEN DALAM PROYEK KONSTRUKSI

Sejumlah studi menggaris bawahi beberapa praktek bahwa manajemen perlu di bentuk untuk keberhasilan program K3L di lapangan.Diawali dengan manajemen atas proyek,diperlukan untuk secara pribadi menyatakan pentingnya K3L melalui kontak dengan lapangan, baik resmi atau tidak resmi.Mereka juga perlu membicarakan K3L pada tingkat perusahaan.Manajer atas perusaan perlu sadar akan program K3L dan apa yang terjadi.

Manajemen menengah dapat menambahkan pada program dengan mengembangkan sistem penilaian yang efektif terhadap para pekerja dan pimpinannya, dengan mengontrol pekerjaan dan tekanan kerja, Dan secara aktif mendukung kebijakan K3L. Juga termasuk memberikan orientasi bagi pekerja baru, keterlibatannya dalam pertentangan antara pekerja dengan atasannya dilapangan.