CARA PEMASANGAN PERANCAH ( SCAFFOLDING) JENIS PIPA DAN KLEM

Jurnalk3.com

PERANCAH PIPA DAN KLEM

Adalah merupakan perancah yang seluruh bagian-bagiannya terdiri dari pipa-pipa dan diikat dengan sambungan berupa klem untuk mengikat antar bagian perancah.

Untuk pipa beban ringan,bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter luar 5cm (2 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 1.8 meter ( 6 feet / kaki) pada bentangan tidak lebih dari 3 meter ( 10 feet / kaki)


Untuk pipa beban menengah
, bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter luar 6cm (2,5 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 3 meter (10 feet /kaki)

Untuk pipa beban menengah, bahan dari pipa baja dengan pengaman berdiameter luar 5cm (2 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 1.5 meter ( 5 feet / kaki pada bentangan tidak lebih dari 3 meter (10 feet / kaki).


Untuk pipa beban berat, bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter 6cm (2,5 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 2 meter ( 6 feet / kaki ) pada bentangan tidak lebih dari 3 meter ( 10 feet/ kaki)


•Ketinggian perancah bervariasi dan kekuatannya harus 4 kali beban maksimum yang akan dipikulnya.


•Pasang batang menyilang pada bagian lebar perancah pada setiap 1 set ketika pemasangan horisontal, dan setiap kenaikan ke-empat secara vertikal.