Cara Merencanakan Tata Letak Kendaraan Di Lokasi Kerja Yang Aman

http://jurnalk3.comBanyak pekerja yang meninggal setiap tahun dilokasi konstruksi akibat kendaraan yang berjalan atau akibat kendaraan yang terguling, disamping banyak lagi yang mengalami cedera. Resiko dapat dikurangi bila penggunaan kendaraan diatur dengan baik. Rencanakan tata letak lokasi untuk mengurangi resiko:

1.Sediakan titik aman untuk masuk dan keluar lokasi dengan ruang yang cukup untuk memutar dan pandangan yang bebas bagi pengemudi. Pandangan dan penerangan yang baik sangat penting dimana kendaraan harus mendekati pedestrian. Bila perlu sediakan petugas pemberi tanda.

2.Dengan maksud untuk membuat tempat jalan kaki terpisah dari kendaraan, misalnya dengan memisahkan titik-titik masuk dan keluar lokasi dan tempat jalan kaki/ pedestrian yang berpagar.

3.Pastikan bahwa pedestrian memiliki pandangan yang baik terhadap kendaraa dipintu-pintu gerbang dan persimpangan jalan yang lainnya.

4.Pertimbangkan system jalan satu arah dan hindari sedapat mungkin kebutuhan untuk berjalan mundur.

5.Bila diperlukan mundur, pasanglah alarm tanda mundur pada kendaraan.

6.Gunakan pembantu untuk mengontrol situasi beresiko tinggi. Misalnya kendaraan harus mundur atau penglihatan terbatas. Pastikan pembantu atau pemberi tanda terlatih dan menggunakan pakaian yang menyolok.

7.Seluruh pengemudi harus dilatih, dan pastikan bahwa pengemudi tamu diberi tahu tentang ketentuan-ketentuan tentang peraturan-peraturan transportasi dilapangan.

8.Lakukan pengamanan berupa balok pengganjal pada saat membongkar muatan pada lokasi penggalian.

9.Lakukan pemeliharaan dengan baik. Pastikan hal ini dilakukan dengan cara yang aman. Jangan menggunakan dongkrak untuk menopang kendaraan saat sedang diperbaiki.

10.Pastikan bahwa lumpur atau tanah tidak berjatuhan dari kendaraan yang dapat menimbulkan bahaya dijalan raya..

11.Pilihlah yang memiliki pandangan sekitar yang baik.

12.Pastikan bahwa kendaraan tidak kelebihan muatan yang dapat membuatnya tidak stabil, sulit untuk dikendalikan atau mengganggu efisiensi pengereman.

13.Persiapkan area pemuatan dan pembongkaran untuk meyakinkan agar orang tidak tetap berada diatas kendaraan, maka diperlukan tempat yang aman.

14.Jangan membiarkan seorang pun ikut naik diatas kendaraan kecuali memang disediakan suatu tempat duduk atau tempat menumpang lainnya yang aman.

15.Pastikan muatan berada diatas kendaraan dengan baik sehingga tidak ada yang berjatuhan keluar.

16.Sediakan area yang rata untuk parkir kendaraan. Pastikan rem parkir digunakan dan gunakan ganjal roda.

17.Jangan mengeluarkan dan mengisi tangki bahan bakar saat peralatan masih dalam keadaan panas, mesin sedang berjalan atau didalam ruang tertutup.

18.Siapkan dan gunakan system pengisian bahan bakar yang mudah mengerjakannya. Misalnya dengan pompa tangan.