Cara Merencanakan Penanganan Barang untuk Menghindari Kecelakaan

http://jurnalk3.comKecelakaan

Banyak pekerja konstruksi meninggal atau menderita cedera serius, karena kecelakaan seperti:

1.      Derek terbalik

2.      Bahan terjatuh dari kerekan

Lebih banyak lagi yang menderita cedera dalam waktu lama karena mereka terbiasa mengangkat atau membawa benda-benda yang berat atau canggung.

Rencanakan semua pekerjaan penanganan bahan untuk menghindari resiko cedera.  Bila memungkinkan, hindarkan orang mengangkat barang sama sekali, sediakan alat bantu penanganan mekanis, untuk menghindari cedera akibat penanganan secara manual. Pastikan semua peralatan yang digunakan untuk penanganan bahan selalu dalam kondisi baik dan digunakan oleh pekerja yang terlatih dan mampu.

Rencana penanganan Barang

1.    Sebelum pekerjaan dimulai, putuskan cara penanganan bahan semacam apa yang digunakan dan semacam apa peralatan yang akan diperlukan.

2.      Hindarkan penanganan ganda karena akan meningkatkan resiko dan tidak efisien.

3.      Pastikan bahwa setiap peralatan tepat waktu dikirim kelokasi dan lokasinya juga telah dipersiapkan

4.      Pastikan bahwa peralatan telah diatur dan dioperasikan hanya oleh pekerja yang terlatih dan berpengalaman

5.   Koordinasikan kegiatan dilokasi sedemikian rupa sehingga operasi pengangkatan tidak membahayakan pekerjaan   lainnya, dan/atau sebaliknya

6.   Upayakan pemeriksaan peralatan dilakukan secara teratur dan bila perlu diperiksa dan diuji oleh seseorang yang mengerti sepenuhnya tentang keselamatan peralatan. Pastikan bahwa semua kegiatan dicatat.