Cara Mengidentifikasi Penyakit Akibat Kerja dan Kesehatan Pribadi

http://jurnalk3.comKesehatan pribadi

Bahan-bahan juga dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan apabila disalurkan melalui tangan pekerja ke makanan, rokok, dsb. Masuk kedalam tubuh. Hal ini dapat dicegah melalui kesehatan pribadi yang baik, seperti misalnya:

1. Mencuci tangan dan muka sebelum makan, minum dan merokok, dan sesudah menggunakan toilet

2. Makan, minum dan merokok jauh dari lokasi pemaparan

3. Pastikan sedikit mungkin orang terpapar oleh bahan-bahan dengan mencegah orang-orang tidak berkepentingan langsung berada diarea.

4. Pastikan mereka yang berada diarea beresiko mengetahui bahaya yang ada. Sediakan fasilitas pencucian yang baik agar dapat makan dengan bersih.

Penyakit akibat kerja

Penyakit akibat kerja adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaannya, dan yang diperoleh pada masa atau waktu melakukan pekerjaan, dan yang masyarakat umum biasanyatidak terkena. Penyakit akibat kerja sering disebut juga dengan penyakit jabatan.

Untuk membuktikan apakah penyakit yang diderita seorang pekerja suatu penyakit jabatan atau bukan, kadangkala sangat sulit.

Perlu pemeriksaan fisik, laboratorium dan kadang diperlukan pemeriksaan khusus oleh beberapa ahli atau spesialis, juga perlu dilakukan pengukuran-pengukuran atau penelitian-penelitian keadaan lingkungan kerja dimana pekerja tersebut bekerja.

Juga diperlukan riwayat pekerjaan pekerja itu sebelumnya dan hasil-hasil pemeriksaan pekerja sebelum bekerja.

Kadang-kadang kesehatan pekerja dapat dilindungi melalui gejala awal suatu penyakit.