Cara Mengidentifikasi Bahaya Kesehatan di Tempat Kerja

http://jurnalk3.comPengendalian hygiene dan kesehatan kerja

Yang dimaksud pengendalian kesehatan dan hygiene adalah semua kegiatan yang dilakukan untuk melindungi kesehatan pekerja dan yang lainnya dari bahaya yang mungkin timbul sehubungan dengan operasi perusahaan.

Kegiatan ini tidak hanya terbatas hanya pada diagnosis dan pengobatan penyakit akibat kerja, tetapi juga upaya yang diperlukan untuk melindungi pekerja dari penyakit.

Identifikasi bahaya terhadap kesehatan.

Pekerjaan untuk mengidentifikasi bahaya terhadap kesehatan di tempat kerja harus dilakukan dengan resmi, terencana, menyeluruh dan dengan teknik yang akurat.

Metodenya dapat melalui inspeksi, pengamatan pekerjaan, survey dan penilaian teknis, serta pengawasan terhadap pengadaan bahan-bahan dan kontrak-kontrak pekerjaan.

Cedera terhadap pekerja dapat diakibatkan oleh bahaya bahan kimia, fisik, biologis, ergonomic dan psikologis, atau kombinasi diantaranya.

Kondisi lingkungan yang buruk juga dapat mempengaruhi kesehatan pekerja, seperti suhu yang tinggi atau rendah, penerangan yang jelek, kebisingan yang mengganggu, atau pengaturan waktu kerja yang buruk.