Cara Mencegah Tenggelam Saat Bekerja di Sekitar Perairan

http://jurnalk3.comAda resiko tenggelam di samping, diatas, lewat didekat, menyebrangi air, berupa laut, danau atau sungai, saat bekerja atau menuju ke dan dari tempat kerja. Orang juga dapat tenggelam dalam cairan lainnya seperti lumpur, campuran kimia di pabrik, dan sebagainya.

Untuk mencegah tenggelam, sediakan:

1.      Pengaman untuk menahan orang terjatuh ke air atau cairan lainnya.

Pada kebanyakan kasus pagar pengaman dan papan penahan atau penghalang sejenis diperlukan pada pinggiran terbuka. Dipabrik dan beberapa lokasi lain memungkinkan untuk menutup permukaan cairannya.

2.      Jaket pelampung dan alat pelampung.

Perlengkapan pelindung diri harus dikenakan bila ada kemungkinan terjatuh atau bila resikonya besar. Pastikan bahwa orang yang perlu mengenakan perlengkapan pelindung telah diberikan latihan penggunaannya dan apa yang dilakukan dalam keadaan darurat. Pada sungai yang mengalir, tali yang akan ditangkap orang yang terjatuh diair dapat dibentangkan dari kedua sisi sungai.

Orang-orang juga dalam resiko tenggelam sewaktu melakukan perjalanan dengan kapal untuk mencapai tempat kerja, sebagai contoh pekerjaan pada kapal, disungai, di bendungan dan pulau-pulau. Setiap kapal yang digunakan untuk mengangkut orang ke dan dari tempat kerja harus:

·         Konstruksi kapalnya sesuai

·         Dirawat dengan baik

·         Dibawah pengawasan seseorang yang mampu

·         Jangan terlalu penuh atau kelebihan muatan.