CARA MELINDUNGI PERALATAN KERJA

Jurnalk3.comPERALATAN

1.Sediakan lantai dan anjungan kerja yang permukaannya dari bahan anti slip untuk semua operator peralatan.
2.Buatlah alat pengaman untuk mencegah orang yang tidak berhak menghidupkan peralatan, dengan cara menggunakan sistem kunci, atau mem-blok dan mengunci alat penghidup (starter)
3.Pada akhir suatu periode waktu kerja (shift), operator harus mengunci peralatannya untuk mencegah peralatannya hidup tanpa sengaja, terlepas, atau jatuh. Prosedur mematikan peralatan dari produsen harus diikuti.
4.Jangan sampai terjadi penumpukan kotoran, debu, oli, gemuk, kain perca berminyak, dan sampah pada pada peralatan.
5.Pasang tanda pemberitahuan tentang kapasitas beban yang aman dan batas kecepatan operasional maksimum pada setiap peralatan. Pastikan bahwa setiap bagian dari peralatan terletak dengan baik diatas dasar yang cukup dan kuat.

CAIRAN MUDAH TERBAKAR

1.Hindarkan mengisi bahan bakar mesin bensin dengan kondisi mesin sedang hidup
2.Pengisian bahan bakar peralatan operasi dilakukan melalui tangki yang terlindungi diluar lokasi kerja.
3.Tangki harus diamankan dengan sistem pentanahan (grounding) yang cukup untuk melindungi dari listrik statis yang terjadi.
4.Dilarang merokok atau menggunakan api terbuka didekat peralatan berbahan bakar bensin yang sedang mengisi bahan bakar.
5.Pekerja jangan menggunakan bahan campuran dengan titik nyala dibawah 37,80C (1000F) sebagai bahan untuk membersihkan peralatan atau bagian-bagiannya.
6.Bila menggunakan bensin atau bahan mudah terbakar lainnya,gunakan pompa yang khusus untuk memindahkannya atau disimpan didalam suatu tempat bahan cair atau kaleng yang aman.

PEKERJAAN PERBAIKAN

Sebelum melakukan pekerjaan perbaikan maka:
1.Matikan semua peralatan bila akan diperbaiki
2.Pasang tanda-tanda peringatan yang sesuai dan jangan diambil sebelum perbaikan selesai dilakukan.
3.Pindahkan peralatan bergerak, bila mungkin, ke suatu lokasi yang aman dimana pekerjaan operasional tidak saling terganggu dengan pekerjaan perbaikan.