Cara Aman Melakukan Pembongkaran dan Perubahan Struktur Bangunan

jurnalk3.comPERUSAKAN, PEMBONGKARAN ATAU PERUBAHAN STRUKTUR

Pembongkaran dan perusakan adalah kegiatan yang berisiko tinggi. pekerja dapat cedera karena jatuh dari pinggiran, melalui bidang terbuka, dan melalui bahan-bahan yang mudah pecah. Pekerja dan pejalan kaki yang lewat dapat mengalami cedera akibat jatuhnya lebih awal atau tak terkendali dari struktur  atau bagian dari struktur, dan puing-puing yang berterbangan. Debu yang berkadar tinggi, suara dan kontaminasi lapangan lainnya juga merupakan masalah yang dijumpai yang perlu dipertimbangkan dan dikendalikan saat merencanakan suatu pekerjaan pembongkaran.

   Pembongkaran yang aman memerlukan perencanaan. Kunci dari pelaksanaan suatu sistem pekerjaan yang aman untuk perusakan dan pembongkaran adalah memilih suatu metode yang menjaga orang-orang sejauh mungkin dari resiko. Setiap orang yang terlibat dalam pekerjaan perlu mengetahui pencegahan apa yang diambil.

            Pembongkaran harus direncanakan dan dilakukan dibawah pengawasaan seseorang yang mampu. Pengawas harus memiliki pengetahuan tentang jenis pembongkaran khusus yang sedang dilakukan, bahaya-bahayanya dan bagaimana mengendalikannya. Khususnya, mereka harus mengetahui dan mengikuti metode  pembongkaran yang ditetapkan untuk mencegah kecelakaan runtuhnya struktur.