Bagaimana Resiko Pekerjaan Di Ruang Terbatas dan Diatas Air

http://jurnalk3.comKetidak tahuan tentang bahaya-bahaya dalam ruang terbatas telah menyebabkan banyak kematian pada pekerja. Seringkali kematian itu tidak hanya terjadi pada orang yang bekerja di ruang terbatas saja, tetapi juga terjadi pada orang yang tanpa perlengkapan yang baik mencoba menyelamatkan korban. Bekerja diruang ini membutuhkan orang yang cakap dan terlatih demi keselamatannya. Bila pekerjaan diruang terbatas tidak dapat dihindarkan, akan seringkali lebih aman bila menggunakan seorang spesialis untuk pekerjaan itu.

Demikian pula pekerjaan yang dilakukan diatas air, baik laut, danau atau sungai, mempunyai resiko yang tinggi bagi pekerja untuk terjatuh dan tenggelam. Untuk itu diperlukan persiapan pengamanan yang baik untuk mencegah terjadinya akibat yang fatal bila terjatuh ke air.

Ruang terbatas

Udara didalam ruang terbatas menjadi tidak dapat digunakan untuk bernafas oleh gas-gas dan uap-uap beracun, atau oleh kurangnya oksigen. Ventilasi alami yang ada tidak cukup guna menjaga udara yang baik untuk bernafas. Dalam beberapa kasus gas-gas itu mungkin mudah terbakar, dengan demikian ada resiko kebakaran atau peledakan.

Ruang kerja mungkin terbatas, menyebabkan pekerja dekat dengan bahaya-bahaya lainnya seperti mesin-mesin yang bergerak, listrik, ventilasi dan pipa uap air. Pintu masuk ruang terbatas, sebagai contoh, suatu lubang, mungkin dapat lebih menyulitkan penyelamatan atau pertolongan dalam suatu keadaan darurat.