Bagaimana Penyakit Akibat Kerja Debu Asbes

jurnalk3.comDebu

Debu dapat menyebabkan penyakit yang disebut pneoumocniosis. Pneumoconiosis adalah segolongan penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh penimbunan debu dalam paru-paru, termasuk penyakit jabatan yang sering terjadi dalam kegiatan pertambangan, konstruksi dan sebagainya.

Tetapi tidak semua penimbunan debu dalam paru-paru akan menimbulkan pneumoconiosis, tergantung dari jenis dan jumlah debu, dan reaksi jaringan paru-paru terhadap hadirnya debu tersebut.

Gejala umum pneumoconiosis antara lain:

·  Batuk kering

·  Sesak nafas

·  Kelelahan umum

·  Berat badan susut

·  Banyak dahak, dsb.

 Jenis penyebab pneumoconiosis yang umum antara lain:

Asbes

Asbes adalah suatu serat yang sangat tahan lama. Secara luas digunakan pada bahan-bahan dimana diperlukan ketahanan terhadap panas atau bahan kimia, dan untuk memberikan kekuatan pada produk-produk seperti papan isolasi, atap gelombang serta talang dan pemipaan semen. Pelapisan dengan semprotan asbes juga digunakan untuk mengurangi suara/kebisingan.

Asbes sebagai bahan penyebeb penyakit telah mengakibatkan kematian lebih banyak dari pada diakibatkan bahan tunggal lainnya. Bahayanya timbul ketika serat asbes berterbangan dan terhisap kedalam paru-paru.

Penyakit yang diakibatkan oleh asbes adalah asbestosis, yaitu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh terhisapnya debu asbes kedalam paru-paru dan dapat menyebabkan kanker.

Asbes adalah mineral yang terdiri dari beberapa senyawa silica terutama magnesium dan besi. Ditemukan dalam bentuk serat, sebagian diantaranya sedemikian halus sehingga kadang tidak terlihat oleh mata.