BAGAIMANA PENGENDALIAN DAN SUPERVISI SEBELUM PEKERJAAN DIMULAI

Jurnalk3.comSEBELUM PEKERJAAN DIMULAI

•Tentukan bahaya-bahaya mana saja yang akan dikendalikan
•Pertimbangkan cara yang terbaik untuk pengendaliannya
•Adanya keputusan kebutuhan apa saja yang harus dikerjakan, dan pastikan hal itu dilaksanakan

PERIKSA APAKAH

•Setiap orang memperoleh penjelasan dengan baik dan mampu melaksanakannya
•Mereka memperoleh perlengkapan yang mereka butuhkan
•Metode-metode kerja yang disetujui dilaksanakan dalam praktek

Supervisi lapangan yang baik adalah penting untuk memelihara kondisi sehat dan selamat. Untuk itu perlu dijelaskan pada supervisor apa-apa yang seharusnya mereka kerjakan dan bagaimana caranya. Semakin tinggi resikonya maka semakin tinggi pula derajat pengendalian dan supervisi yang diperlukan. Konsultasikan dengan karyawan dilokasi tentang pandangan mereka dengan diperhatikannya masalah keselamatan dan kesehatan.

Pada waktu orang-orang, baik para pegawai, kontraktor atau pengunjung pertama kali datang kelokasi, penting untuk memberikan informasi kepada mereka tentang bahaya-bahaya dilokasi dan langkah-langkah yang di ambil untuk mengendalikan resikonya. Pastikan bahwa orang-orang yang berada dilokasi dengan mudah dapat diidentifikasi; bila ada kantor dilokasi, berilah tanda dengan jelas. Akan sangat membantu apabila suatu gambar lokasi yang menunjukkan letak kantor dipasang pada pintu masuk lokasi, bersama-sama dengan instruksi bahwa semua pengunjung harus melapor kepada kantor lokasi.

Pegawai yang akan bekerja pertama kali dilokasi harus diberi penjelasan tentang resiko,sarana penunjang dan peraturan-peraturan lokasi. Suatu cara untuk melaksanakan hal ini adalah dengan memastikan para supervisor lokasi berbicara kepada mereka sebelum mulai bekerja. Informasi juga dapat diberikan melalui lembaran tertulis atau menulisnya pada suatu papan pengumuman yang diletakkan dekat pintu masuk lokasi.

Pengecekan keselamatan,kesehatan dan lingkungan dapat dilakukan sekaligus dengan pengecekan perkembangan dan kualitas pekerjaan oleh para supervisor atau manajer. Suatu pengecekan khusus juga diperlukan pada pekerjaan-pekerjaan untuk resiko yang lebih tinggi. Dengan melakukan pengecekan rutin dari waktu ke waktu akan mengingatkan setiap orang tentang masalah keselamatan, kesehatan dan lingkungan.