BAGAIMANA CARA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN KERJA UNTUK MENCAPAI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Jurnalk3.comPEMELIHARAAN LINGKUNGAN

Rencanakan bagaimana caranya agar lokasi tetap rapi. Khususnya jalan-jalan dan tanga-tangga harus selalu bebas dari bahaya-bahaya tersandung seperti kawat-kawat penggantung dan bahan-bahan yang berserakan. Hal ini terutama pada jalur-jalur darurat. Singkirkan paku-paku dari potongan-potongan kayu untuk menghindari cedera kaki dan lainnya. Bersihkan kertas serpihan kayu dan bahan-bahan lainnya yang mudah terbakar untuk mengurangi resiko terjadinya kebakaran.

PENERANGAN

Setiap bagian dari lokasi yang sedang dikerjakan harus terang sehingga orang dapat melihat pekerjaannya dengan baik dan bergerak dengan aman. Sedapat mungkin lokasi dibuat sedemikian rupa sehingga penerangan alam dapat di manfaatkan. Apabila pekerjaan akan dilanjutkan sesudah siang berlalu atau bangunan atau struktur tertutup, maka diperlukan penerangan buatan.

Pastikan bahwa penerangan buatan tersebut tidak merubah warna atau pandangan pada setiap tanda keselamatan kerja atau hal-hal lain yang berkaitan dengan keselamatan, seperti misalnya alat-alat pemadam kebakaran.
Dengan adanya penerangan siang hari dan sinar lampu, bayangannya dapat menutupi bahaya-bahaya, baik ditempat kerja (misalnya, sukar untuk melihat mata dari gergaji piringan atau mata bor) maupun di lokasi secara umum (misalnya, pada lobang tangga). Bila perlu sediakan penerangan tambahan untuk menghilangkan daerah bayangan tersebut
.

Apabila kerusakan lampu penerangan utama mengakibatkan timbulnya resiko terhadap kesehatan atau keselamatan seseorang (misalnya,seseorang yang bekerja pada suatu perancah menara disuatu basemant mungkin jatuh saat turun dalam keadaan gelap), sediakan lampu kedua.

Bila tidak mungkin untuk mendapatkan penerangan yang menyala secara otomatis saat lampu utama gagal, obor atau penerangan sejenis cukup dapat menggantikannya.

Sebagai tambahan, jalur darurat (koridor, jalan pintas dan sebagainya yang harus dilalui setiap orang untuk menyelamatkan diri), harus selalu dijaga dengan baik penerangannya saat para pekerja sedang berada dilokasi.