PRINSIP KEBIJAKAN PELAKSANAAN DAN PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI RUMAH SAKIT (K3RS) Bagian 1

Pembahasan di fokuskan pada prinsip K3RS, program K3RS, dan kebijakan pelaksanaan K3RS, yang di bagi dalam 3(tiga) bagian yaitu:
1.Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja di ruma sakit (K3RS) agar kesehatan dan keselamatan kerja di ruma sakit (K3RS), dapat di pahami secarah utuh, perlu diketahui pengertian 3(tiga) komponen yang saling ber interaksi, yaitu:
a.Kapasitas kerja adala status kesehatan kerja dan gizi kerja yang baik serta kemampuan fisik yang prima setiap pekerja agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Contoh: Bila seorang pekerja kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia, maka kapasitas kerja Akan menurun karna pengaruh kondisi fisik lemah dan lemas.
b.Beban kerja adalah beban fisik dan beban mental yang harus di tanggung oleh pekerja dalam melaksanakan tugasnya. Contoh: pekerja yang bekerja melebihi waktu kerja maksimum dll.
c.Lingkungan kerja adalah lingkungan yang terdekat dari seorang pekerja. Contoh: Seorang yang bekerja di bagian instalasi radiologi ( Kamar X Ray, kamar gelab, kedokteran, nuklir dan lain-lain).

2.Program Kesehatan dan Keselamatan kerja di rumah sakit (K3RS) program K3 di rumah sakit (K3RS) bertujuan untuk melindungi Kesehatan dan Keselamatan kerja serta meningkatkan produktifitas tenaga kerja, melindungi keselamatan pasien, pengunjung dan masyarakat serta lingkungan rumah sakit. Kinerja setiap pengunjung kesehatan dan non kesehatan merupakan resultante dari 3 (tiga) komponen yaitu kapasitas kerja, beban kerja dan kapasitas kerja.
Program K3RS yang harus diterapkan adalah:
a.Pengembangan kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di rumah sakit (K3RS).
-Pembuatan atau revitalisasi organisasi K3RS.
-Merencanakan programK3RS selama 3(tiga) tahun kedepan.setiap 3 tahun dapat di revisi kembali sesuai dengan kebutuhan
b.Pembudayaan perilaku Kesehatan dan Keselamatan Kerja di rumah sakit (K3RS).
-Advokasi sosialisasi K3 pada seluruh jajaran rumah sakit, baik bagi pekerja,pasien serta pengunjung rumah sakit .
-Penyebaran media informasi dan komunikasi baik melalui film , leaflet ,poster, pamflet dll.
-Promosi K3 pada setiap pekerja yang bekerja disetiap unit di Rumah Sakit .