8 Tips Amana Bekerja Dengan Bahan Asbes

http://jurnalk3.comPeringatan:

Ada beberapa hal penting untuk diingat bila bekerja dengan bahan keras mengandung  asbes dalam jumlah sedikit:

1. Tidak ada persyaratan ijin kerja untuk bekerja pada lembaran semen asbes, atau dengan produk semen asbes seperti saluran dan pemipaan, tetapi diperlukan penilaian tingkat pemaparannya.

2. Hindarkan pemaparan terhadap debu di udara dan sediakan alat pelindungan yang diperlukan, termasuk respirator. Penggunaan respirator untuk mengontrol pemaparan dilakukan hanya setelah semua langkah telah dilakukan untuk mengurangi pemaparannya.

3. Bila pemaparan serat pada tingkat yang rendah, sebagai contoh misalnya memindahkan sejumlah kecil langit-langit atau mem-bor beberapa lubang sebagai bagian dari pekerjaan pemipaan dan listrik, maka dengan menggunakan respirator/masker debu yang dapat dibuang (disposable) cukup dapat memberikan perlindungan.

4. Untuk pekerjaan yang lebih luas, termasuk pembongkaran atau menangani bahan-bahan yang rusak, mungkin diperlukan perlindungan yang lebih, seperti respirator/masker penutup muka penuh, dan ventilasi yang cukup diruang tertutup saat menangani pembungkusan atau pelapisan

5. Jangan menghancurkan papan atau kepingan asbes; untuk memindahkannya usahakan berupa suatu bagian yang utuh. Bila mungking lembaran dibuat menjadi basah sebelum dikerjakan.

6. Tangani bahan dengan hati-hati, jangan dijatuhkan ke tanah atau lantai. Bagian yang terlepas segera diambil. Bila bekerja diluar, misalnya menurunkan lembaran-lembaran, pastiakan kendaraan jangan melintas karena akan mengakibatkan debu.

7. Upayakan menggunakan peralatan tangan, mem-bor dan memotong lembaran asbes dengan peralatan mesin akan menghasilkan banyak debu.

8. Bila bahan asbes dibongkar maka harus dibuang dengan aman.